Perkembangan teknologi dan masyarakat yang semakin kompleks telah mengubah tuntutan pendidikan secara signifikan. Dalam era pendidikan yang berkembang ini, inovasi dalam peran pengajar menjadi krusial dalam memastikan keefektifan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini, 1. Untuk mengetahui bagaimana peran pengajar yang bermutu. 2. Untuk mengetahui apa saja inovasi pendidikan di era 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur untuk menggali pemahaman tentang bagaimana peran guru yang bermutu yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pengajaran melalui inovasi-inovasi dalam mempersiapkan pendidikan di era 5.0. Melalui analisis literatur yang mendalam, artikel ini mengungkapkan hasil penelitian 1. Peran guru sebagai pengajar telah berkembang dari posisi yang hanya menyampaikan pengetahuan menjadi seorang fasilitator pembelajaran. Guru kini berfokus pada pembangunan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan pembelajaran aktif. 2. Inovasi peran guru di era 5.0 ialah mampu mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek dan kolaboratif ke dalam kurikulum, serta memfasilitasi kerja kelompok dan keterlibatan siswa dalam proyek-proyek pembelajaran. Kemudian pentingnya kolaborasi antara guru dan industri dalam mempersiapkan siswa untuk dunia kerja yang berubah. Guru dapat membawa pengalaman dunia nyata ke dalam kelas dan memperkaya pembelajaran siswa melalui kolaborasi dengan industri. Dengan menggabungkan inovasi-inovasi ini dalam peran pengajar, diharapkan pendidikan dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan. Keywords : Mutu, Peran Pengajar, Inovasi, Pendidikan, Era 5.0
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024