Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 8, No 1 (2024): EDUNOMIKA

HUBUNGAN TUJUAN PERBANKAN SYARIAH, KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH

Dwi Budi Srisulistiowati (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Dovina Navanti (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Sri Rejeki (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Rina Destiana (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Tujuan Perbankan Islam didefinisikan dengan baik sebagai konsisten dengan Syariah, karakterisasi unik dan tujuan perbankan syariah mencakup penawaran bisnis yang selaras dengan hukum Syariah. Bank syariah menawarkan layanan yang melayani kepekaan agama, misalnya, menghormati kewajiban finansial dan moral kepada Tuhan dan pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara tujuan perbankan syariah dengan kepuasan nasabah, dan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner yang diperoleh sebanyak 270 responden. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah nasabah Bank Syariah Indonesia riil yang membuka rekening bank dan menjadi nasabah dengan cara menabung selama minimal 1 tahun, Dan teknik analisis menggunakan software Smart PLS. Hasil penelitian ini telah membutikan bahwa H1 tujuan perbankan syariah berpengaruh terhadap loyalitas. H2 tujuan perbankan syariah berpengaruh terhadap Kepuasan. Dan H3 kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas. Kata Kunci: Tujuan Perbankan Syariah, Kepuasan, Loyalitas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...