JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 9, No 2 (2024): VOLUME 9 NUMBER 2 MAY 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar

yesi, Rahma (Unknown)
Luthfi, Amir (Unknown)
Rizal, Muhammad Syahrul (Unknown)
Alim, Melvi Lesmana (Unknown)
Kusuma, Yanti Yandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kapasitas kognitif siswa sekolah dasar dipengaruhi oleh model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan materi audio visual. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga dikategorikan sebagai penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SDN 017 Laggini Bangkinang. Tes kognitif merupakan alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Uji Independent Sample t-test, uji Homogenitas, dan uji Normalitas digunakan dalam analisis statistik. H1 dapat disetujui karena nilai thitung > ttabel, sesuai dengan hasil penelitian menunjukkan data dengan nilai thitung adalah 2,869 dan ttabel adalah 2,10. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan kognitif siswa sekolah dasar berdasarkan bukti tersebut yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa yang menggunakan model tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...