Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kapasitas kognitif siswa sekolah dasar dipengaruhi oleh model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan materi audio visual. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga dikategorikan sebagai penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SDN 017 Laggini Bangkinang. Tes kognitif merupakan alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Uji Independent Sample t-test, uji Homogenitas, dan uji Normalitas digunakan dalam analisis statistik. H1 dapat disetujui karena nilai thitung > ttabel, sesuai dengan hasil penelitian menunjukkan data dengan nilai thitung adalah 2,869 dan ttabel adalah 2,10. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan kognitif siswa sekolah dasar berdasarkan bukti tersebut yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa yang menggunakan model tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024