Situasi Pendidikan di SD Negeri 50 Kayu Tunu membutuhkan perhatian khusus bagi pihak yang berkepentingan, baik di Tingkat pusat maupun Tingkat lokal. Penyelengaraan Pendidikan bermutu dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia masih menjadi angan semata. Anak-anak yang mengenyam Pendidikan di daerah pedalaman ini khususnya di SD Negeri 50 Kayu Tunu masih sangat memprihatikan apabila dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang ada di wilayah kabupaten sanggau. Metodologi studi ini, melibatkan pemeriksaan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu kepala sekolah, guru-guru yang ada di SD Negeri 50 Kayu Tunu, dan sumber data sekunder yaitu orang tua dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis model Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dapat disimpulkan bahwa banyak permasalahan yang di alami oleh peserta didik dan guru. Guru yang mengajar rata-rata tempat tinggalnya jauh dari sekolah. Sarana dan prasarana sekolah masih sangat memprihatinkan, terutama untuk ruang kelas, ruang guru,ruang kepala sekolah, dan WC
Copyrights © 2024