Berdasarkan data awal yang diperoleh di kelas II, diketahui bahwa terdapat beberapa kendala yang terjadi dalam pembelajaran Matematika yaitu siswa merasa jenuh ketika mempelajari dan menganalisis materi, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga sebagian menyebabkan ketidak tercapainya ketuntasan belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. sehingga penggunaan media kertas warna digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran matematika Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem based learning (PBL) media kertas warna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan penelitian adalah siswa kelas II disebuah SD di Kota Nganjuk yang terdiri dari 18 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest dan post test serta observasi kelas. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penerapan model PBL dalam pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran PBL media Kertas Warna di SD Negeri 2 Mungkung Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk dapat dilaksanakan guru dan siswa dengan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika melalui model pembelajaran PBL media Kertas Warna dapat meningkat. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Matematika dengan model pembelajaran PBL media Kertas Warna dapat meningkatkan proses belajar dan kemampuan siswa dalam menentukan nilai pecahan bilangan.
Copyrights © 2023