Kesulitan pengajaran Al-Qur’an bagi anak-anak merupakan hal yang lumrah. Sebagaimana dimaklumi anak kelas satu usia 5 hingga 7 tahun yang baru pertamakali mempelajari Al-Qur’an mengalami hambatan dalam membaca huruf Al-Qur’an sehingga memengaruhi kemampuan dalam mengenal dan melafalkan huruf hijaiyah yang menyerupai kemiripan dalam pelafalan. Masalah ini ditemukan Pada TPQ Darussalamah 9 Lampung timur. Maka untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan kemampuan membaca Ai-Qur’an, Dengan Rumusan Masalah “Bagaimana Penerapan Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an pada santri di TPQ Darussalamah 9 Lampung Timur”. ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Darussalamah 9 Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan lapangan. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer (ustadz, Kepala TPQ, dan siswa) dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil analisis peneliti terhadap masalah tersebut, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: menunjukkan bahwa Metode Yanbu’a efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri di TPQ Darussalamah 9. Pembelajaran yang terstruktur dan terperinci memungkinkan santri untuk memahami dan menginternalisasi ajaran Al-Qur'an dengan baik. Langkah-langkah yang terperinci, seperti persiapan sebelum pembelajaran, penerapan metode di kelas, dan memanfaatkan kegiatan klasikal dan sorogan, menjadikan pembelajaran lebih efektif. Pelaksanaan metode Yanbu’a di TPQ Darussalamah 9 menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur'an santri, mencerminkan efektivitas metode pembelajaran tersebut.
Copyrights © 2024