Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan Membaca Al-Qur’an di Kelas VIII Mts Sabiilul Muttaqien Desa Sukaraja Nuban Kec. Batanghari Nuban

Muhammad Syahrul Rozi (Unknown)
Irhamudin Irhamudin (Unknown)
Adi Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat dan kesibukan masyarakat yang semakin meningkat menyebabkan banyak masyarakat di era modern yang mengabaikan amalan keagamaan seperti membaca Al-Quran bahkan lupa shalat. Selain itu, anak-anak yang up to date juga terkena dampaknya. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pendidikan karakter pada kelas VIII di MTs Sabiilul Muttaqien Desa Sukaraja Nuban Kec. Batanghari Nuban, melalui program pembiasaan membaca Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Melalui keikutsertaan mereka dalam membaca Al-Qur’an sebelum kegiatan belajar mengajar, seperti cara membacanya, memahami maknanya, dan mengamalkan isinya, maka luaran program dinilai positif dan ditunjukkan dengan penampilan. dari perasaan gembira dan bahagia. keberadaan sehari-hari. Melalui pelaksanaan program ini, peneliti menemukan unsur-unsur yang memotivasi dan disinsentif dalam studinya. Salah satu faktor pendukung penelitian ini adalah partisipasi langsung kepala madrasah dalam pelaksanaan kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an. 2) Kurang konsistennya struktur kebiasaan membaca Al-Qur’an yang ditugaskan oleh Madrasah. 3. Infrastruktur yang memadai. Hambatan penelitian ini kemudian terdiri dari hal-hal berikut: 1) ketidakikutsertaan instruktur dalam pelaksanaan program, yang mengakibatkan bimbingan di bawah standar untuk jumlah siswa yang cukup besar. 2) Siswa kelas VIII kurang peka terhadap keadaan sekitar ketika menyelesaikan tugas sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...