Pembelajaran PAI di SMPN 2 Kalirejo telah menerapkan model pembelajaran PBL. Pembelajaran yang hanya sebatas teori tanpa mengaitkannya dengan pemecahan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dapat menyebabkan peserta didik jenuh dan pasif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana PBL diterapkan dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 2 Kalirejo serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru pendidikan Agama Islam dalam penerapan pembelajaran menggunakan model PBL membaginya dalam tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, inti dan akhir yang sesuai dengan sintaks model problem based learning. Untuk faktor yang mendukung yaitu sumber buku yang memadai, peserta didik yang antusias dalam pembelajaran dan relevansi materi dengan kehidupan. Sedangkan faktor penghambatnya dalam pembelajaran PBL yaitu jam pelajaran yang kurang, karakteristik peserta didik yang berbeda-beda dan sarana yang belum memadai.
Copyrights © 2024