Pengembangan media pembelajaran berbasis game wordwall pada pelajaran tematik untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V bertujuan untuk menciptakan proses belajar yang lebih menarik dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Media pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan platform wordwall yang mudah digunkan dan memiliki berbagai jenis permainan yang menarik, seperti teka-teki, kuis, dan permainan mencocokan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media game wordwall memperoleh nilai rata-rata presentase dari ahli media sebesar 96,87% dengan kriteria sangat valid, dan dari ahli materi mendapat presentase sebesar 91,8% dengan kriteria sangat valid. Dari hasil penelitian bahwa media pembelajaran berbasis game wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dan respon positif yang diberikan oleh siswa terhadap media pembelajaran tersebut.
Copyrights © 2024