Disiplin di sekolah berfungsi sebagai alat untuk memastikan bahwa standar moral ditegakkan sehingga pembelajaran dapat berlangsung tanpa gangguan. Kebijakan sekolah tidak hanya mempengaruhi tugas sekolah siswa secara keseluruhan Melainkan merupakan kebutuhan yang memerlukan pertimbangan semua pihak terkait, khususnya mahasiswa. Sehubungan dengan hal tersebut, sekolah seringkali menegakkan kepatuhan terhadap peraturan sekolah bagi semua pihak yang terlibat. Peraturan tersebut pada hakikatnya merupakan kumpulan tugas dan persyaratan bagi peserta didik yang harus diselesaikan, seperti tugas dan ulangan. Adapun tujuan dalam peneitian ini adalah untuk memberikan informasi yang sistematis, akurat, dan faktual tentang Konseling Individu dalam Kedisiplinan, tanggung jawab, dan patuh perintah kiai di Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Metro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif dengan menggunakan kerangka metodologi studi kasus. Hasil penelitian ditentukan dengan mendeskripsikan hasil wawancara dengan pengasuh Pondok Pesanten Nahdlatul Ulum Metro dan observasi Ketika peneliti sedang melakukan observasi di Pondok tersebut, peneliti melakukan wawancara sehingga dapat ditemukannya santri yang kurang disiplin, tanggung jawab dan patuh printah kiai. Perilaku disiplin seperti tepat waktu, tertib, jujur, tepat janji dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Kedisiplinan adalah hal mentaati tata tertib di segala aspek kehidupan, baik agama, budaya, pergaulan, sekolah, dan lain-lain.
Copyrights © 2024