Pendidikan karakter telah menjadi fokus utama dalam pengembangan pendidikan di Indonesia untuk menciptakan generasi yang berkualitas dan bertanggung jawab. Salah satu pendekatan yang diadopsi adalah penerapan profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa di MI Walisanga I melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Pendekatan kualitatif dengan studi kasus digunakan sebagai metode penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek dengan profil pelajar Pancasila berhasil membentuk karakter siswa yang kreatif, memiliki semangat gotong royong, dan mampu berpikir kritis. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah untuk menciptakan generasi yang berkualitas dan bertanggung jawab.
Copyrights © 2024