RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 9, No 1 (2024): RISTEKDIK: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING - JANUARI-MARET 2024

STRATEGI COPING MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENGHADAPI KECEMASAN KARIR

Abdul Hadi (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Muh Farozin (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Budi Astuti (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Strategi Coping Stress Mahasiswa dalam Menghadapi Kecemasan Karir sangat dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui strategi coping stress yang dilakukan oleh mahasiswa khususnya tingkat akhir. Penelitian ini merupakan penelitian survei.  Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa tingkat (semester 8) Program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling yang berjumlah 4 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur. Hasil survei dari strategi coping 4 mahasiswa menunjukkan bahwa strategi Emotional focused coping lebih banyak digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir prodi Bimbingan dan Konseling yaitu sebanyak 65% dibandingkan dengan Problem focused coping yang hanya sebesar 35%. Hal tersebut terkait masalah :Cara sejenak menghindari kecemasan karir, Hal yang membuat semangat setelah mengalami kecemasan karir, Berbincang masalah kecemasan karir, Berpikir kegiatan belajar kurang maksimal, Teguran/masukan, Evaluasi atau introspeksi. Adapun strategi Problem Focused Coping menyangkut hal : Menghadapi atau menghindari masalah, Mencari bantuan, Cara mengatasi kecemasan karir, Persiapan untuk mengantisipasi kecemasan karir, Harapan/keinginan terkait kecemasan karir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...