Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang banyak dituntut menggunakan angka-angka sebagai pengelolahan sampai penyajian hasilnya. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk variabel (X) sebanyak 40 pertanyaan dan dokumentasi sedangkan hasil belajar (Y) menggunakan nilai hasil rapor mata pelajaran akuntansi. Uji prasyarat analisis yang digunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear sederhana dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendari. Hal ini didasarkan pada hasil output SPSS pada uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan korelasi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,010 < 0,05 dengan hasil analisis yang menggunakan analisis korelasi produk moment terdapat nilai rhitung=0,996 >0,361 yang hubungannya tergolong kuat.
Copyrights © 2024