Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi
Vol 4 No 1 (2024): Edisi Januari 2024

Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi

Irfan (universitas halu oleo)
Asriyani Mulia Basri (Universitas Halu Oleo)
Rusdiana Tugy (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang banyak dituntut menggunakan angka-angka sebagai pengelolahan sampai penyajian hasilnya. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk variabel (X) sebanyak 40 pertanyaan dan dokumentasi sedangkan hasil belajar (Y) menggunakan nilai hasil rapor mata pelajaran akuntansi. Uji prasyarat analisis yang digunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear sederhana dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendari. Hal ini didasarkan pada hasil output SPSS pada uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan korelasi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,010 < 0,05 dengan hasil analisis yang menggunakan analisis korelasi produk moment terdapat nilai rhitung=0,996 >0,361 yang hubungannya tergolong kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi memiliki Fokus dan Cakupan diantara: Strategi Pembelajaran Akuntansi Model Pembelajaran Akuntansi, Metode Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Instrumen Pembelajaran Akuntansi, Akuntansi, Manajemen, ...