Prokrastinasi akademik merupakan permasalahan yang umumnya dialami oleh para pelajar, tidak terkecuali mahasiswa perantau maupun non perantau. Prokrastinasi Akademik adalah kecenderungan untuk menunda atau penghindaran penuh terhadap suatu tugas akademik oleh individu secara sadar. Perilaku ini tidak hanya memengaruhi nilai, tetapi juga kinerja akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prokrastinasi akademik antara mahasiswa perantau dan mahasiswa non perantau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis komparatif. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia berjumlah 60 mahasiswa (30 Mahasiswa Perantau dan 30 Mahasiswa Non Perantau). Hasil analisis data menggunakan Mann Whitney U test dengan nilai signifikansi (p)=0,185 (p>0,05) yang berarti tidak terdapat perbedaan prokrastinasi akademik antara mahasiswa perantau dan mahasiswa non perantau. Tidak adanya perbedaan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dipengaruhi oleh kurangnya kesadaran diri individu serta dampak buruk prokrastinasi tersebut. Faktor lain tidak adanya perbedaan prokrastinasi akademik pada mahasiswa karena dipengaruhi oleh lingkungan yang dapat memberikan dampak buruk pada diri individu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022