Disiplin adalah ketaatan seseorang terhadap aturan atau peraturan karena itu didasarkan pada kesadaran pribadi mereka sendiri tanpa tekanan dari luar, yang membantu siswa mengambil tanggung jawab atas perubahan tingkah laku mereka. Phenomena yang terjadi di bidang ini mendorong penelitian ini karena ada beberapa siswa yang memiliki tingkat disiplin yang rendah, seperti yang ditunjukkan oleh pelanggaran sering terhadap aturan sekolah, seperti tidak menyelesaikan tugas homework, tidak memakai uniform sekolah yang sesuai, dan tiba di sekolah terlalu dini. Dalam SMK NEGERI 8 Medan, Pengaruh Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa menjadi pokok bahasan penelitian ini. Penelitian dilakukan di Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK NEGERI 8 Medan dengan menggunakan sampel sebanyak 43 orang dari total 175 orang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan sampling aksidental. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang digunakan model skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di Kelas XI Departemen Mode di SMK NEGERI 8 Medan sangat berkorelasi satu sama lain. Oleh karena itu, temuan menunjukkan bahwa ada hubungan antara keahlian siswa dan hasil belajar mereka. Hubungan yang kuat atau kuat ditunjukkan oleh analisis regression sederhana dengan coefficient of determination 0.000 dengan sig (p>0.05). Ini menunjukkan bahwa disiplin memengaruhi hasil belajar: tingkat tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik, sementara tingkat rendah menunjukkan hasil belajar yang lebih buruk.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024