Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 2 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 6 LAHEWA

Yudika Zalukhu (Universitas Nias)
Netti Kariani Mendrofa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 6 Lahewa, ditemukan masalah yaitu (1) pemilihan model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dan (2) kurangnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Assure terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 6 Lahewa Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lahewa Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi kelas VIII SMP Negeri 6 Lahewa yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen design), dan instrument penelitian berbentuk tes uraian kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis satu pihak, diperoleh nilai thitung sebesar 3,970 dan ttabel = tα(dk) = t(0,05)(20) = 1,724. Karena thitung = 3,970 > ttabel = 1,724, maka tolak H0 diterima Ha yang berarti “Ada pengaruh model pembelajaran Assure terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa”. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Assure dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...