Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 1 (2024): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS X SMA

Shopia Burju Situmorang (Universitas Negeri Medan)
Pardomuan Sitompul (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah matematika berbentuk cerita materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur Newman dan untuk mengetahui hubungan tipe kesalahan dengan hasil tipe siswa tiap kategorinya, serta faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur Newman. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 subjek yang terdiri dari 2 kelompok atas, 2 kelompok sedang, dan 2 kelompok rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek mengalami kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai jenis kesalahan yakni kesalahan memahami masalah sebanyak 78 kali dengan persentase 38,24%, kesalahan transformasi masalahan sebanyak 17 kali dengan persentase 8,33%, kesalahan keterampilan proses sebanyak 56 kali dengan 27,45%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 53 kali dengan 25,98%. (2) terdapat hubungan antara tipe kesalahan dengan hasil tipe siswa pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. (3) beberapa faktor penyebab terjadinya kesalahan yaitu motivasi belajar, model pengajaran guru, kepercayaan diri, waktu yang dihabiskan dalam mengerjakan soal, dan lingkungan belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...