Jurnal PGSD UNIPOL
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro

Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SD Muhammadiyah Purwokerto

Entin Ma'arifah (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Lia Mareza (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam literasi numerasi, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan literasi numerasi di SD Muhammadiyah purwokerto. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancaea, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara keseluruhan, peserta didik di SD Muhammadiyah Purwokerto berada pada level penerapan (applying) dalam literasi numerasi. Mereka tidak hanya memahami konsep-konsep numerasi tetapi juga mampu menerapkannya dalam situasi nyata. Komitmen kuat sekolah dalam meningkatkan literasi numerasi melalui pembelajaran yang relevan dan program-program pendukung telah membekali peserta didik dengan keterampilan berpikir kritis yang penting untuk kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Arts Humanities Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro adalah lembaga penerbitan jurnal untuk dosen Universitas Lamappapoleonro dan dosen diluar Universitas Lamappapoleonro yang memiliki disiplin ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro didirikan pada tahun 2022 dengan tujuan ...