Articles
33 Documents
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Murid SDN 141 Cennae
Nurul Azmy Rustan;
Irfandi Irfandi
Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (243.757 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar murid. Masalah utama dalam penelitian ini adalah terkait dengan kompetensi pedagogik atau kompetensi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran di kelas lebih dominan ditemukan fakta bahwa guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran, murid kurang aktif dan pembelajaran serasa membosankan karena metode yang digunakan oleh guru lebih dominan menggunakan metode ceramah yang merupakan metode konvensional, tidak hanya itu dari hasil observasi yang dilakukan selama kurung waktu 2 hari, selama proses mengajar di kelas guru tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat memicu keaktifan murid dalam belajar. Jenis Penelitian yang digunakan Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto yang bersifat korelasional. Disebut ex-post facto karena fakta yang dikumpulkan sudah ada sebelumnya, dan bersifat korelasional karena yang akan diselidiki adalah pengaruh antara variabel. Dalam jenis penelitian ex-post facto yang pelaksanaannya tidak ada manipulasi kondisi karena kondisi yang diteliti telah terjadi sebelum penelitian dilaksanakan
Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013
Veronica Resty Panginan;
Susianti Susianti
Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (201.375 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar terdap hasil belajar matematika siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain ex-post facto, prosedur pengumpulan data di mulai dari penentuan sampel dilakukan dengan Teknik random sampling, pengumpulan data primer berupa hasil ujian tengah semester pada mata pelajaran matematika serta populasi dan sampel penelitian yaitu siswa kelas III Nicolaus dengan jumlah siswa 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum merdeka belajar diterapkan di SD Frater bakti luhur pada tahun 2022 yaitu pada semester genap, penelitian ini membandingkan antara penerapan kurikulum 2013 pada semester ganjil dan penerapan kurikulm merdeka belajar pada semsester genap. Penerapan kurikulum merdeka belajar tidak lagi berbasis tema melainkan mata pelajaran yang diampuh oleh masing-masing guru berdasarkan kesepakatan tentang bidang studi apa yang akan diajarkan, penerapan kurikulum merdeka mulai diadopsi dengan baik oleh siswa. Berdasarkan hasil analisis data terjadi perbedaan yang signifikan terhadap hasil ujian tengah semester di semester ganji (penerapan kurikulum 2013) dan hasil ujian tengah semester di semester genap (penerapan kurikulum merdeka belajar) setelah diberlakukan uji paired sample t-test yang menunjukan terjadinya perbedaan signifikan dari perbandingan hasil belajar matematika siswa kelas III nicolaus di SD frater bakti luhur kota makasssar
Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Kurikulum 2013 terhadap Kedisiplinan Siswa UPT SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina
Evi Alfianti;
Andi Muhdar;
Andi Mappatokkong
Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (219.938 KB)
Penelitian ini memfokuskan pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui gambaran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 di SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina; (2) untuk mengetahui gambaran kedisiplinan siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina; (3) untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan purposive sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan kedisiplinan siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa. Simpulan dari penelitian adalah (1) Keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina termasuk dalam kategori sangat baik; (2) Kedisiplinan siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina termasuk dalam kategori baik; (3) ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 213 Lagoci
Hamriani Hamriani;
Musdiya Rahma;
Nurul Wahyuliani
Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (277.74 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 213 Lagoci. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktifitas belajar siswa berada pada ketgori cukup dan hasil belajar siswa berada pada kategori kurang (K) kemudian pada siklus II aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan yakni berada pada kategori baik dan hasil belajar siswa juga berada pada kategori baik (B). Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 213 Lagoci
Hubungan Antara Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri 88 Lonrong Kecematan Liliriaja Kabupaten Soppeng
Susianti Susianti;
Veronica Resty Panginan;
Yulia Yulia
Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (230.921 KB)
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Hubungan antara perhatian orang tua (X1) dengan prestasi belajar matematika (Y). (2). Minat belajar (X2) dengan prestasi belajar matematika (Y). (3). Perhatian orang tua (X1) dan minat belajar (X2) dengan prestasi belajar matematika (Y). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 88 Lonrong Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif. Dengan populasi seluruh siswa SD Negeri 88 Lonrong yang berjumlah 53 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI sebanyak 25 siswa. Metode pengumpulan data untuk variabel perhatian orang tua dan minat belajar dengan menggunakan angket. Sedang untuk variabel prestasi belajar matematika dengan data yang berupa nilai raport semester dua. Angket perhatian orang tua dan minat belajar masing-masing sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri 88 Lonrong Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, dengan koefisien korelasi sebesar 0,430 dan p = 0,032 . 2) Ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri 88 Lonrong Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, dengan koefisien korelasi sebesar 0,499 dan p = 0,011 . 3) Ada hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri 88 Lonrong Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng Tahun Ajaran 2016, dengan koefisien korelasi sebesar 0,539 dan p = 0,023
Pengaruh Pendekatan Stm (Sains Teknologi Masyarakat) Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas IV di Gugus XI Marioriwawo
Irfandi Irfandi;
Nurul Azmy Rustan;
Regina Regina
Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (306.452 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) terhadap sikap ilmiah siswa. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas IV di gugus XI Marioriwawo . Sampel penelitian ini yaitu sebagian peserta didik kelas IV di gugus 11 Marioriwawo yakni keseluruhan siswa kelas IV di UPTD SPF 178 Tanalle dan UPTD SPF SDN 141 Cennae tahun ajaran 2022/2023. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan uji hipotesis. Luaran penelitian yang diharapkan yaitu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan penelitian yang akan datang, khususnya terkait pelaksanaan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, serta hasil penelitian ini dapat memotivasi guru untuk melaksanakan pembelajaran yang inovatif pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar, khususnya dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa
Analisis Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Soppeng
Riskayani Riskayani;
Muh. Nasir Malik;
Abdul Muis Mappalotteng
Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (212.199 KB)
Kualitas pendidikan dapat dimulai dengan meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru merupakan tingkat keberhasilan seseorang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta kemampuan untuk mencapai tujuan dan standar yang telah ditetapkan. Kinerja guru sangat penting untuk diperhatikan dan dievaluasi karena guru mengemban tugas professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat/jenjang pendidikan terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik, (2) pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik, (3) pengaruh kompetensi dengan kinerja guru bersertifikat pendidik, (4) pengaruh secara bersama-sama antara tingkat/jenjang pendidikan, pengalaman mengajar dan kompetensi guru terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik di SMK Negeri se-Kabupaten Soppeng. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis dengan menguji normalitas data, liniearitas dan homogenitas. Analisis data yang dipakai berupa analisis regresi untuk menjawab rumusan masalah penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat/jenjang pendidikan hanya memberikan kontribusi sebesar 0,1% terhadap kinerja guru. (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan Hal ini menunjukkan bahwa pengalaman mengajar hanya memberikan kontribusi sebesar 1,5% terhadap kinerja guru. (3) terdapat pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik di SMKN Se-kab Soppeng dengan memberikan kontribusi sebesar 5,4 %. (4) terdapat pengaruh secara bersama-sama tingkat/jenjang pendidikan, pengalaman mengajar dan kompetensi guru terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik di SMKN se-Kabupaten Soppeng dengan memberikan kontribusi sebesar 8,1 %
Pengaruh Model Pembelajaran VAK Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 4 LUWU
Sukmawati Sukmawati;
Sugeng A Karim;
Riana T Mangesa
Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (268.044 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran VAK terhadap hasil belajar TIK”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy experiment dengan desain penelitian pretest-posttest kontrol group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IA 1 dan XII IA 2 SMAN 4 Luwu dengan jumlah siswa 32 siswa pada kelas eksperimen dan 33 siswa pada kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data berupa test (pretest-posttest) yang berjumlah 20 soal dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran VAK yang diterapkan pada kelas eksperimen ,dapat mempegaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada pembelajaran TIK. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa dengan jumlah presentase relatif yang mencapai 81,25 % dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, hasil hipotesis pengujian menggunakan uji-t bahwa hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran VAK pada mata pelajaran TIK di SMN 4 Luwu
Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
Musdiya Rahma;
Yulia Yulia;
Andi Safar Adi Guna
Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (315.406 KB)
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran di SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, (2) Untuk mengetahui bagimana minat belajar murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, (3) Untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran berpengaruh terhadap minat belajar murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat belajar dan variabel bebasnya adalah penerapan metode Pemanfaatan Lingkungan Sekolah. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dengan sampel yang berjumlah 60 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas V.A 30 orang menggunakan penerapan metode Pemanfaatan Lingkungan Sekolah dan 30 orang tidak menggunakan penerapan metode Pemanfaatan Lingkungan Sekolah. Tahapan pengambilan sampel diambil dengan teknik porposive sampling, yakni teknik pengambilan sampel secara sengaja. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen angket untuk mengukur tingkat minat belajar dan lembar observasi untuk mengamati kondisi, situasi, proses, dan perilaku pada saat penerapan metode pembelajaran berlangsung, yaitu dari tahap awal sampai tahap akhir. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) Pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran di SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone meningkat (2) Minat belajar murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone meningkat (3) Pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran berpengaruh terhadap minat belajar murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas 4 SDN Tidung Makassar
Andi Muhdar;
Aulia Saputri;
Azza Aprilia Azzahra
Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lamappapoleonro
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (192.432 KB)
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest kontrol group. Sampel penelitian ini terdiri dari 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan observasi dan tes. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dengan dua cara yaitu dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa model pembelajaran efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas 4 SDN Tidung. Perbandingan hasil kemampuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa nilai thitung tersebut dapat dibandingkan dengan nilai ttabel dengan db N-1=25-1 =24 dan to 0,388=2,08. Sementara thitung=3,069 dan ttabel = 2,08 (signifikan 0,38%). Dengan demikian, thitung 3,069 = > ttabel=2,08 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis alternatif (Ha) diterima apabila nilai thitung < nilai ttabel. Dengan kata lain, hipotesis diterima apabila nilai thitung lebih besar atau sama dengan ttabel pada taraf signifikan 0,05%. Sesuai dengan hasil penelitian maka diajukan saran, yaitu guru khususnya untuk membelajarkan materi teks anekdot agar menggunakan model konstrktivisme agar pembelajaran lebih maksimal dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa