Jurnal PGSD UNIPOL
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro

PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN 101 PAJALESANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Herniyastuti (Universitas Lamappapoleonro)
Abdul Kadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Sejalan dengan era digital sekarang, terdapat sejumlah teknologi digital yang dapat dimanfaatkan tenaga pengajar untuk meningkatkan minat dan kreativitas peserta didik, contohnya aplikasi canva. Canva merupakan platfrom desain grafis yang berasal dari Australia yang digunakan untuk membuat grafik media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar merupakan tantangan signifikan bagi seorang pendidik. Bahasa Indonesia bukan hanya menjadi alat komunikasi sehari-hari, tetapi juga menjadi medium utama dalam proses penyampaian materi pembelajaran. Oleh karena itu, pendidik perlu merancang metode pengajaran yang menarik dan efektif untuk membangun pemahaman dan keterampilan berbahasa pada siswa.Pemilihan strategi pembelajaran ini didasarkan pada pertimbangan bahwa metode ini menggabungkan dua pendekatan yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, serta memiliki kemampuan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia di Kelas V di SDN 101 Pajalesang. Hasil penelitian yang telah dilakukan menujukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 101 Pajalesang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Arts Humanities Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro adalah lembaga penerbitan jurnal untuk dosen Universitas Lamappapoleonro dan dosen diluar Universitas Lamappapoleonro yang memiliki disiplin ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro didirikan pada tahun 2022 dengan tujuan ...