Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
Vol. 2 No. 4 (2024): Januari 2024

Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Job Order Costing pada UMKM Genyo Sablon Bojonegoro Tahun 2023

Anita Sari Al Khoirina (Universitas Bojonegoro)
Kuncoro Dion Bimantaka (Universitas Bojonegoro)
Luky Wahyu Saputra (Universitas Bojonegoro)
Muhammad Ilham Hanafi (Universitas Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi pada UMKM yaitu penetapan harga jual yang kurang optimal dikarenakan keterbatasan pengetahuan pengelola UMKM tentang pengklasifikasian biaya yang harus disertakan dalam perhitungan harga pokok produksi. Penelitian ini menganalisis perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode Job Order Costing pada UMKM Genyo Sablon Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi UMKM Genyo Sablon mengenai biaya produksi atas setiap pesanan sablon yang diterima. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif dan deskriptif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui review dokumen keuangan UMKM, sedangkan data deskriptif diperoleh melalui wawancara dengan pemilik UMKM serta observasi langsung terhadap proses produksi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Job Order Costing untuk mendapatkan hasil yang akurat dan relevan. Dari hasil penelitian diketahui total penghitungan harga pokok produksi untuk memproduksi kaos Sablon DTF sebanyak 100 pcs dalam waktu pengerjaan 1 hari adalah sebesar Rp4.320.600, dan diperoleh harga pokok produksi per unit sebesar Rp43.206.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kompeten

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Kompeten Journal Ilmiah accepts research articles in the fields of Management, Accounting, Business, and Economics. We welcome research with qualitative and quantitative studies of good quality that have not been published in other journals. The scope of topics include: 1. Business and Strategic ...