Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains
Vol. 5 No. 2 (2023): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas VII Semester I bagi Siswa SMP Negeri 14 Palangka Raya

Mifta Mahmudah (University of Palangka Raya)
Gunarjo Suryanto Budi (Universitas Palangka Raya)
Muhammad Nawir (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran discovery learning merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa yang berfokus pada masalah dengan tujuan supaya siswa memahami konsep pembelajaran sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa setelah diterapkannya model pembelajaran discovery learning pada materi suhu dan kalor, dan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran discovery learning pada materi suhu dan kalor. Penlitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental menggunakan desain one-shot case study. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak satu kelas dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-B dengan jumlah 32 siswa. Instrumrn yang digunakan dalam pnelitian ini adalah lembar tes hasil belajar dan angket respon siswa. Tes Hail Belajar (THB) terlebih dahulu di uji cobakan untuk mengetahui validitas isi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil validitas isi terhadap 40 soal, diperoleh 30 soal valid dan 10 soal tidak valid. Reliabilitas instrument tes hasil belajar sebesar 0,78 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan uji validitas isi, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda, dari 40 soal yang di uji coba diperoleh sebanyak 30 soal yang digunakan untuk penelitian dan 10 soal gugur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara individu diperoleh 24 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas dari jumlah keseluruhan siswa 32 siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal tuntas, karena diperoleh ≥ 70% siswa yang tuntas dan mncapai standar ketuntasan ≥ 70 %. TPK yang tuntas 23 dari 30 TPK dengan presentase TPK yang tuntas 76,67%. Hasil respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning pada proses pembelajaran yaitu secara keseluruhan rspon positif pada aspek keterlibatan dalam proses pembelajaran, aspek manfaat yang dirasakan dan aspek penggunaan model discovery learning pada pembelajaran materi suhu dan kalor.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bpjps

Publisher

Subject

Education

Description

Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains is a scientific journal published by the Physics Education Study Program, FKIP University of Palangka Raya. This journal aims to accommodate research articles in the field of Science Education. In the end, this journal is expected to describe the ...