Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas dan reliabilitas E – Modul berbasis Microlearning berbasis Project Based Learing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa penyandang tuna rungu. Tuna rungu merupakan kondisi dimana hilangnya atau berkurangnya kemampuan mendengar. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan cara survei analitik, yaitu menggunakan kuesioner sebagai alat utama untuk mengumpulkan data dan dibantu dengan produk yang dikembangkan yaitu E – Modul berbasis Microlearning berbasis Project Based Learing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa penyandang tuna rungu. Kuesioner ini nantinya akan disebarkan siswa SMPLB Bhakti Luhur yang menyandang tuna rungu dari tingkatan ringan sampai berat. Uji validitas dilakukan dengan metode Pearson correlation (nilai korelasi ≥ 0,3) sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Internal consistency (Cronbach alpha coefficient ≥ 0,7). Berdasarkan hasil uji kevalidan dan reliabilitas, instrumen E – Modul berbasis Microlearning didapatkan bahwa instrumen yang digunakan dinyatakan valid dan reliabilitas sehingga dapat digunakan dalam penelitian.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024