Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didikkelas II B SD Negeri Tanjungrejo 5 Kota Malang melalui penerapan model project based learning (PjBL) berbantuan quizizz paper mode. Penelitian ini dilakukan dalam bentukPenilitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subyek penelitian ini ialah 18 peserta didik kelasII B SD Negeri Tanjungrejo 5. Desain penelitian yang digunakan yaitu model kemmis danmc taggart dimana model penelitian yang pertama akan menjadi acuan pada modelpenelitian tindakan yang lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes danobservasi. Adapun instrumen yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda dan lembarobservasi motivasi belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadapmotivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II BSD Negeri Tanjungrejo 5 Kota Malang tahun Pelajaran 2023/2024. Hal ini ditandai denganmeningkatnya presentase rata-rata motivasi dari 72,5% pada siklus I menjadi 82,22% padasiklus II dan rata-rata prestasi belajar dari 73,34% pada siklus I menjadi 84,45% pada siklusII. Dengan demikian terbukti bahwa model project based learning berbantuan quizizz paper mode dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Kata kunci : motivasi, prestasi belajar, project based learning, quizizz paper mode.
Copyrights © 2024