Abdi Psikonomi
Vol 4, No 3 (2023): Oktober 2023

Pengembangan Cultural Tourism pada Kampung Wisata Melalui Branding dan Pemasaran digital

Kussudyarsana, K (Unknown)
Widi Utami, Dyah (Unknown)
Halim (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2023

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan wisata budaya (cultural tourism) di Kampung Kemlayan, Kecamatan Serengan, Kotamadya Surakarta. Kemlayan selama ini dikenal sebagai tempat banyak maestro budaya lahir, namun mengalami degradasi sebagai dampak dari aktivitas ekonomi yang terjadi di daerah tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan dapat mengembalikan lagi citra Kemlayan sebagai Kampung Budaya. Terdapat empat strategi utama utama yang diterapkan dalam PKM pengembangan wisata budaya Kampung Kemlayan. Pertama, ditetapkanlah jalur wisata Kampung Kemlayan dengan empat tema utama: sejarah, budaya, maestro, dan kuliner. Kedua, dilakukan kegiatan branding melalui pembuatan logo, maskot, dan simbol. Aspek ketiga mencakup pembuatan strategi pemasaran digital wisata Kampung Kemlayan melalui platform sosial media seperti TikTok, YouTube, dan Instagram. Keempat, dilakukan pelatihan pengelolaan media sosial kepada masyarakat setempat. Hasil dari kegiatan ini telah di rasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, khususnya mitra PKM yaitu LPMK Kemlayan yang tercermin pada kepuasan mereka atas kegiatan pengabdian masyarakat ini yang angkanya di atas 80%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abdipsikonomi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

Abdi Psikonomi is a scientific journal managed by Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia. The journal focuses its attention on a wide range of topics including psychology, management, accounting, economics, and Islamic. The aim of ...