cover
Contact Name
Eskasari Putri
Contact Email
ep122@ums.ac.id
Phone
+6285730401011
Journal Mail Official
psikonomi@ums.ac.id
Editorial Address
Lembaga Pengabddian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan, Universistas Muhammadiyah Surakarta Gedung Induk Siti Walidah Lt. 5 Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo 57169, Jawa Tengah
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Abdi Psikonomi
ISSN : 27462382     EISSN : 27462390     DOI : 10.23917
Abdi Psikonomi is a scientific journal managed by Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia. The journal focuses its attention on a wide range of topics including psychology, management, accounting, economics, and Islamic. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. In the following year of publication, the journal is going to publish quarter. Any interested author could submit the manuscript following the submission guidelines.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 148 Documents
Permasalahan Lansia Di Era 4.0 : Peran Keluarga Dan Lansia Siti Annisa Mulyaningsih; Indah Cahya Pamungkas; Aniza Ramadhany; Santi Sulandari
Abdi Psikonomi Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.071 KB) | DOI: 10.23917/psikonomi.v1i1.73

Abstract

Menghadapai era 4.0, lansia mengalami lebih banyak tantangan dan berbagai permasalahan baik dari segi fisik, psikologis, dan sosial. Salah satu pengurus perkumpulan posyandu di Gatak, Pabelan, Sukoharjo menyatakan bahwa banyak lansia kebanyakan dari mereka tinggal bersama anak-anaknya. Namun keluargapun memiliki aktivitas sendiri sehingga terkadang kurang memberikan perhatian yang cukup untuk lansia. Komunikasi diantara lansia dan keluarga pun kurang intensif. Selain itu, lansia di daerah ini juga kebanyakan bekerja sehingga frekuensi dan intensitas berkomunikasi dengan keluarga juga berkurang. Hal ini tentunya, jika tidak dikelola dengan baik, akan mengurangi kualitas hubungan keluarga dan lansia. Alternatif solusi untuk menstimulasi kesadaran saling memahami antar keluarga dan lansia akan diberikan melalui penyuluhan terhadap 10 lansia dan keluarga yang mendampingi. Kegiatan sejenis sangat dipelukan untuk memberikan pemahaman kepada lansia dan keluarga terkait pentingnya memberikan pengertian dan dukungan satu sama lain. Lebih lanjut, lansia dan keluarga dapat lebih memahami tantangan-tantangan individu usia lanjut dan bagaimana harus menghadapinya.
Peningkatan Kualitas Guru dalam Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Solo Raya Murfiah Dewi Wulandari; Choiriyah Widyasari; Nursalam Nursalam
Abdi Psikonomi Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.18 KB) | DOI: 10.23917/psikonomi.v1i1.77

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan kualitas guru dalam memberikan layanan BK terutama dalam pemecahan permasalahan siswa dan memberikan pendampingan dalam memberikan layanan responsif pada siswa bermasalah. Peserta pengabdian ialah guru SD dari enam kabupaten dan satu kotamadya se-Solo Raya. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi persiapan, pelaksanaan (FGD, role play, pendampingan), dan pelaporan. Hasil pengabdian meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dalam memberikan layanan BK khususnya dalam pemecahan permasalahan siswa dan berfungsinya asas alih tangan untuk permasalahan siswa yang tidak bisa ditangani guru. Dari pengabdian ini diharapkan SD mampu mendirikan lembaga BK di masing-masing sekolah dan mengoptimalkan layanan BK di sekolah.
Introduksi Aplikasi Microsoft Access Pdb Rantai Nilai bagi Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta Agung Riyardi; Deavid Ricard P.S; Septa Sunanda; Hendika Al Viana
Abdi Psikonomi Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.142 KB) | DOI: 10.23917/psikonomi.v1i1.79

Abstract

Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhamadiyah Surakarta memiliki peluang menginformasikan perekonomian ideal kepada masyarakat dalam bentuk PDB yang dihitung menggunakan metode rantai nilai. Dalam hal itu, updating pengetahuan penghitungan PDB metode rantai dalam bentuk pembuatan aplikasi penghitungan PDB metode rantai nilai menggunakan microsoft access penting karena bagi Alumni berfungsi sebagai introduksi, induksi dan internalisasi PDB metode rantai nilai bersama dengan keberadaan dan manfaatnya. Metode pengabdian masyarakat adalah pendampingan terhadap Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam rangka updating pengetahuan penghitungan PDB Metode Rantai Nilai melalui pembuatan aplikasi microsoft access penghitungan PDB Metode Rantai Nilai. Alumni telah terintroduksi dengan pengetahuan PDB metode rantai nilai. Hal ini karena updating pengetahuan PDB metode rantai nilai telah dilakukan berupa pembentukan Field, Form dan Tabel microsoft acces untuk penghitungan PDB metode rantai nilai. Alumni juga telah terinduksi dan terinternalisasi dengan pengetahuan PDB metode rantai nilai karena Alumni dapat membentuk Laporan penghitungan PDB metode rantai nilai secara tabulasi dan grafik. Updating dalam bentuk membuat aplikasi microsoft access menyebabkan Alumni memahami keberadaan dan manfaat pengetahuan penghitungan PDB metode rantai nilai.
Peningkatan Potensi Peternak Kambing dan Budidaya Nila Mentari di Wilayah Prm Desa Blagung, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali Eskasari Putri; Noer Sasongko; Fatchan Achyani
Abdi Psikonomi Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1781.952 KB) | DOI: 10.23917/psikonomi.v1i1.80

Abstract

Dalam rangka meningkatkan perekonomian melalui potensi yang ada di lingkungan pedesaan, maka upaya-upaya yang dilakukan PRM Desa Blagung, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali membentuk kelompok-kelompok kerja yang terdiri kelompok Peternak Kambing Mentari dan Budidaya Ikan Nila Mentari. Namun upaya yang telah dilakukan PRM Desa Blagung, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali masih mengalami beberapa kendala seperti, ketrampilan untuk pengembangan usaha, pemasaran, dan pencatatan laporan keuangan. Melalui pengabdian masyarakat ini Universitas Muhammadiyah Surakarta bersama PRM Desa Blagung, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali ikut serta dalam pembinaan dan pengembangan kelompok Peternak Kambing Mentari dan Budidaya Ikan Nila Mentari di bidang pengembangan usaha, pemasaran, dan pencatatan laporan keuangan. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu pelatihan dan pendampingan pada kelompok Peternak Kambing Mentari dan Budidaya Ikan Nila Mentari
Tata Kelola dan Lokasi Taman Edukasi Bijak Kelola Sampah Mabruroh Mabruroh; Aflit Nuryulia Praswati; Wafiatun Mukharomah; Tika Pratika; Lina Agustina
Abdi Psikonomi Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.339 KB) | DOI: 10.23917/psikonomi.v1i1.81

Abstract

Kelompok peduli lingkungan (Goro Sampah) di desa Ngawonggo, Ceper, Klaten ini merupakan salah satu bentuk kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah. Biasanya yang menjadi kendala lain dari bank sampah, yaitu kapasitas masyarakat dan swasta sebagai mitra belum dibangun dan dikembangkan. Rendahnya perhatian masyarakat untuk sosialisasi, pembinaan, pendidikan masih rendah sering menjadi keluh kesah masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan tingkat kesadaran masyarakat dalam mendukung keberhasilan bank sampah. Iklim dan birokrasi kemitraan pun juga belum kondusif dan menarik bagi swasta untuk berinvestasi. Permasalahan prioritas yang dihadapi oleh Goro Sampah antara lain: kelembagaan belum disusun dengan baik serta fasilitas dan area bank sampah belum tertata dengan baik. Kegiatan pengabdian masyarakat pada kelompok peduli lingkungan “Goro Sampah” Desa Ngawonggo, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode yaitu melakukan sosialisasi kepada kelompok masyarakat peduli lingkungan, melakukan pendampingan penyusunan struktur organisasi “Goro Sampah”, melakukan penataan area bank sampah dengan mengusung konsep taman edukasi bijak kelola sampah. Hasil dari pelaksanaan kegiatan yaitu terbentuknya struktur organisasi “Goro Sampah” dan telah tertatanya taman edukasi “Goro Sampah”. Keberlanjutan dari program ini masih diperlukan untuk dapat menciptakan budaya bijak kelola sampah yang menyeluruh.
Pendampingan Pengembangan Akuntansi Masjid Berdasarkan Psak 45 di Kabupaten Kudus Ita Rakhmawati; Fina Tri Wahyuni; Suparwi Suparwi
Abdi Psikonomi Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.89 KB) | DOI: 10.23917/psikonomi.v1i1.83

Abstract

Pengabdian ini bertujuan menganalisis permasalahan sistem keuangan masjid, merancang desain akuntansi keuangan masjid yang selaras dengan kondisi sosial budaya masyarakat setempat dengan tetap sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku, serta mengimplementasikan dan pendampingan dilakukan dengan penerapan sistem akuntansi masjid. Pendekatan yang digunakan adalah Community Development Practice yang diadaptasi dari Vincent II, J.W. Jack merupakan salah satu pendekatan yang dilakukan dengan pengembangan masyarakat yang diarahkan pada peningkatan akses guna mencapai kondisi yang lebih baik. Community Development dengan tiga persyaratan yaitu berbasis pada masyarakat (community based), berbasis sumber daya setempat (local resource based) dan berkelanjutan (suistainable). Langkah-langkah kegiatan yaitu pembentukan tim, perumusan tujuan, identifikasi stakeholder, pengumpulan dan analisis kebutuhan, penentuan prioritas dan solusi masalah, persiapan, implementasi, pendampingan, review dan evaluasi serta penentuan kebutuhan dan sasaran baru Hasil pengabdian menunjukkan terdapat temuan di lapangan bahwa minimnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan masjid, terbatasnya sumber data keuangan yang terhimpun, minimnya sarana prasarana yang mendukung, tidak adanya tenaga ahli yang berkompeten. Berdasarkan temuan tersebut prioritas penyelesaian yang utama adalah melalui workshop, pelatihan dan pendampingan aplikasi akuntansi masjid bagi takmir masjid. Materi pelatihan mencakup siklus akuntansi mulai dari tahap identifikasi akun, penyusunan jurnal, penyusunan buku besar, penyusunan neraca saldo, penyusunan neraca lajur dan penyusunan laporan keuangan. Hasil pendampingan menghasilkan dua hal yaitu entitas masjid telah dapat mengidentifikasi aset masjid yang selama ini banyak yang belum teridentifikasi dan terinventarisir. Yang kedua entitas masjid dapat menghasilkan laporan keungan entitas nirlaba berdasarkan PSAK 45 meliputi laporan posisi keuangan, laporan aktivitas, dan laporan arus kas yang dapat diakses oleh stakeholder. Namun demikian masih terdapat beberapa hambatan antara lain sebagian SDM dengan usia non produktif yang lebih gagap teknologi, terbatasnya data keuangan dan aset yang tersedia, sebagian besar masjid hanya memiliki pencatatan uang masuk dan keluar dengan sistem single entry dan minimnya sarana operasaional pendukung (seperti komputer, printer) yang dimiliki masjid.
Penyuluhan Hirarki Tafsir Terhadap Pimpinan Ranting Muhammadiyah Demangan Ahmad Nurrohim; Kukuh Yudha Pratama; Yan Sen Utama Putra
Abdi Psikonomi Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.846 KB) | DOI: 10.23917/psikonomi.v1i1.85

Abstract

Ranting Muhammadiyah Demangan merupakan salah satu ranting yang cukup tua di wilayah Boyolali dan termasuk ranting yang “terdepan” dalam mengembangkan amal usaha Muhammadiyah. Ranting ini memiliki pelbagai amal usaha, mulai dari PAUD hingga perintisan Pondok Pesantren Muhammadiyah, dan telah melahirkan tokoh Muhammadiyah yang pernah mengisi jajaran pimpinan Muhammadiyah, mulai tingkat Pimpinan Pusat hingga Pimpinan Daerah. Penyuluhan hirarki tafsir, dengan metode ceramah dibarengi dialog interaktif untuk pendalaman materi, dilakukan dengan tujuan membantu tokoh-tokoh Ranting Muhammadiyah dalam memahami dalil-dalil tekstual, sehingga pada tahap selanjutnya mereka dapat berperan aktif menjadi agen pencerah dalam menyelesaikan polemik keagamaan lokal. Hasil kegiatan ini adalah penyuluhan keilmuan yang berorientasi problem solving itu penting dan diharapkan, terutama bagi Pimpinan Ranting Demangan. Urgensitas itu dapat dilihat dari dua hal, yaitu: (a) Penyuluhan ini hendak membantu menyelesaikan persoalan Ranting Muhammadiyah dari aspek soft skill, memperbesar kapasitas berpikir dan mengorganisasi permasalahan; (b) penyuluhan ini mengaitkan diri dengan al-Qur’an maupun Sunnah. Pengaitan dengan al-Qur’an itu penting dilakukan dilihat dari kemampuan mendekatkan muslim dengan al-Qur’an.
Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Daya Nalar Anak Usia Dini Rini Lestari; Muhammad Reza Ady Syahputra; Tania Indy Kusuma
Abdi Psikonomi Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.841 KB) | DOI: 10.23917/psikonomi.v1i1.86

Abstract

Pendidikan anak usia dini mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting dalam suatu bangsa. Lingkungan keluarga menjadi lingkungan awal (primary reference group) bagi seorang anak untuk belajar karena sebagian besar waktu anak dihabiskan bersama dengan orang tua, sehingga peran orang tua sangat besar dalam perkembangan daya nalar anak. Kemampuan daya nalar berhubungan dengan tingkat kecerdasan/intelektual dan pengetahuan. Namun demikian, belum semua orangtua paham dan trampil dalam mendidik serta meningkatkan kemampuan daya nalar anak usia dini. Pengabdian masyarakat ini disusun dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan daya nalar anak usia dini. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk educational parenting, dengan metode sosialisasi langsung, diskusi dan role-play. Sasaran pengabdian masyarakat adalah orangtua/wali murid BA Aisyiyah Krajan Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Setelah dilaksanakan educational parenting orang tua lebih memahami tentang pentingnya peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan daya nalar anak usia dini dan akan menerapkan apa yang diperoleh dalam educational parenting untuk mendampingi anak dalam belajar.
Pelatihan Digital Bagi Siswa MIM Pondok Klaten Aflit Nuryulia Praswati; Imronudin Imronudin; Vita Ardiyantiningsih; Muhammad Yusuf Abdhul Fatah
Abdi Psikonomi Vol 1, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.422 KB) | DOI: 10.23917/psikonomi.v1i2.177

Abstract

Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang mampu melihat perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan perubahan maka dari itu pentingnya pengembangan sistem pendidikan sesuai pada era nya. Perkembangan pendidikan tidak lepas dari revolusi industri yang terjadi pada dunia ini karena secara tidak langsung telah mengubah tatanan dari berbagai aspek ekonomi, sosial dan politik. Tantangan pada dunia pendidikan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 saat ini ialah sistem pembelajaran yang inovatif, kesiapan sdm, dan ketersediaan sarana prasarana. Hasil analisis situasi kegiatan pengabdian masyarakat ini menerangkan minimnya kondisi pendidikan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi (TI) bagi murid sekolah dasar. Kegiatan dari pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan digital dalam bentuk edukasi atau pemahaman cara kerja mesin dan aplikasi teknologi. Subjek kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah murid-murid mim pondok kelas 4 sampai kelas 6 di Desa Pondok, Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. Kegiatan pelatihan digital ditunjang dengan metode ceramah partisipatoris, tanya jawab dan praktek langsung penggunaan aplikasi komputer dengan melakukan pendampingan pada murid. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pelatihan digital yang telah dilakukan oleh murid mim pondok kelas 4 sampai dengan 6 mencapai hasil yang memuaskan. Setelah megikuti pelatihan tersebut para murid kelas 4 sampai dengan kelas 6 sudah mengetahui cara menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pelatihan digital tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi murid-murid MIM Pondok dalam mengoperasikan komputer dan meningkatkan keterampilan dalam penguasaan menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel serta dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter pendidikan berupa rasa ingin tahu, kreatif, dan komunikatif. Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang mampu melihat perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan perubahan maka dari itu pentingnya pengembangan sistem pendidikan sesuai pada era nya. Perkembangan pendidikan tidak lepas dari revolusi industri yang terjadi pada dunia ini karena secara tidak langsung telah mengubah tatanan dari berbagai aspek ekonomi, sosial dan politik. Tantangan pada dunia pendidikan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 saat ini ialah sistem pembelajaran yang inovatif, kesiapan sdm, dan ketersediaan sarana prasarana. Hasil analisis situasi kegiatan pengabdian masyarakat ini menerangkan minimnya kondisi pendidikan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi (TI) bagi murid sekolah dasar. Kegiatan dari pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan digital dalam bentuk edukasi atau pemahaman cara kerja mesin dan aplikasi teknologi. Subjek kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah murid-murid mim pondok kelas 4 sampai kelas 6 di Desa Pondok, Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. Kegiatan pelatihan digital ditunjang dengan metode ceramah partisipatoris, tanya jawab dan praktek langsung penggunaan aplikasi komputer dengan melakukan pendampingan pada murid. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pelatihan digital yang telah dilakukan oleh murid mim pondok kelas 4 sampai dengan 6 mencapai hasil yang memuaskan. Setelah megikuti pelatihan tersebut para murid kelas 4 sampai dengan kelas 6 sudah mengetahui cara menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pelatihan digital tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi murid-murid MIM Pondok dalam mengoperasikan komputer dan meningkatkan keterampilan dalam penguasaan menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel serta dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter pendidikan berupa rasa ingin tahu, kreatif, dan komunikatif.
Pengalaman Pembelajaran Santri Dari Permainan Tradisional Boy-Boyan Maya Setyarini; Evi Uswatun Khasanah; Lika Hestyaningsih; Sri Lestari
Abdi Psikonomi Vol 1, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.067 KB) | DOI: 10.23917/psikonomi.v1i2.179

Abstract

Permainan tradisional telah terbukti dapat menjadi sarana untuk mengembangkan karakter-karakter positif pada pemainnya. Permainan tradisional seringkali dimainkan secara bersama-sama sehingga ada interaksi sosial secara langsung di antara pemain. Proses interaksi antar pemain ini memungkinkan terasahnya kemampuan menjalin relasi sosial. Berbeda halnya dengan permainan dengan menggunakan telepon seluler yang dimainkan atau bersama secara virtual. Namun sayangnya, permainan tradisional kurang dikenal dan populer di kalangan remaja. Oleh karena itu, perlu upaya untuk mengenalkan permainan tradisional pada remaja. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah mengenalkan permainan tradisional boy-boyan sebagai alternatif kegiatan mengisi waktu luang. Pengabdian masyarakat ini melibatkan 32 orang santri dari pesantren Mahyajatul Qurro’. Kegiatan ini diawali dengan melakukan asesmen kebutuhan dengan wawancara pada santri dan mengamati kegiatan harian. Tahap pelaksanaan pengabdian masyarakat ini meliputi, menayangkan video permainan tradisional boy-boyan dan praktek bermain permainan tradisional boy-boyan. Kegiatan diakhiri dengan mengisi kuesioner terbuka Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah santri merasa senang karena merasakan keseruan saat bermain bersama dengan teman-teman, dapat berolahraga, melatih ketangkasan, dan melatih mengelola emosi. Permainan tradisional boy-boyan dapat direkomendasikan sebagai salah satu alternatif kegiatan yang menyenangkan dan dapat mengasah ketrampilan sosial pada santri.

Page 1 of 15 | Total Record : 148