Semakin banyak pengguna internet di Indonesia mendorong lebih banyak bisnis online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Dampak Online Customer Review Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian pada pengguna Shopee. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana penelitian ini akan mendeskripsikan secara mendalam dengan mengupas segala permasalahan yang terjadi terkait dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data berupa tahap pertama kondensasi data, yang merujuk pada proses pemilihan, penyederhaan, pengabstrakan dan transformasi data yang mendekati keseluruhan bagian dari catatan-catatan lapangan secara tertulis, instrumen wawancara, dokumen dan materi (temuan) empirik lainnya. Tahap kedua, Penyajian data, melalaui penyajian data, maka data akan terorganisasikan, tersusun dalam pola hubungan, sehingga mudah dipahami, dan tahap ketiga Verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Customer Review memberikan dampak positif dalam pengambilan keputusan pembelian pada pengguna Shopee. Hal tersebut dapat dilihat dari Intensity, Valence of Opinion, dan Content Marketing yang menunjukkan bahwa sebagian besar informan mengambil keputusan terkait pembelian produk yaitu dengan melakukan pembelian produk pada aplikasi belanja online Shopee setelah adanya dampak positif dari Online Customer Review pada pengguna Shopee. Kata Kunci: Dampak, Online Customer Review, Pengambilan Keputusan, Pembelian, Pengguna
Copyrights © 2024