Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 11 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Audio dalam Bentuk Buku Saku “Alpharead” Terhadap Kemudahan Mengajar Guru di SD Labschool Universitas Jember

Fajar Surya Hutama (Universitas Jember)
Fadhilah Noer Zannah (Universitas Jember)
Hani Fajri Ramadhani (Universitas Jember)
Finy Salsabil Kamilia (Universitas Jember)
Afnita Rani (Universitas Jember)
Kusumawati Shindi Nur Rahmawati (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2024

Abstract

Menghadapi perkembangan teknologi, seorang guru harus melakukan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran berperan penting untuk memperlancar proses belajar mengajar dan membantu guru lebih mudah menyampaikan materi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality audio melalui Buku Saku “AlphaRead” yang dapat menunjang proses belajar siswa dan membantu guru menciptakan metode pengajaran yang lebih menarik dan inovatif. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru SD Labschool FKIP Universitas Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data melalui angket kuesioner yang diberikan kepada guru. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dan dideskripsikan sesuai teori yang sudah ada. Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality audio dapat membuat siswa lebih semangat dan tertarik dalam belajar, karena adanya gambar 3D yang disajikan sangat menarik dan audio dalam media tersebut terdengar sangat jelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...