Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 11 No 2 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Tema 4 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah Kelas III MI-RN Pucungsari Kabupaten Blitar

Alam Qisty Kusuma (University of Jember)
Fajar Surya Hutama (Universitas Jember)
Zetti Finali (University of Jember)
Didit Yulian Kasdriyanto (Universitas Panca Marga)
Andika Adinanda Siswoyo (Universitas Trunojoyo)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran khususnya pada konsep pembelajaran seperti hak dan kewajiban masih kurang. Konsep hak dan kewajiban sangat penting dalam mengembangkan sikap tanggung jawab peserta didik. Guru perlu menggunakan media pembelajaran yang mampu mensimulasikan cerita sehingga memudahkan siswa menganalisis konsep hak dan kewajiban. Maka perlu adanya inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis cerita dengan menggunakan articulate storyline sebagai perangkat lunak yang mumpuni. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and Development) dan metode ADDIE. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan tes. Media telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi, serta diujicobakan pada siswa kelas III MI-RN Pucungsari Blitar. Efektivitas media dihitung dengan menggunakan rumus N-gain, hasil perhitungan menyimpulkan media cukup efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran reguler. Media ini juga dapat digunakan secara praktis karena mencapai skor 96% dalam tes kepraktisan menggunakan angket. Dari hasil analisis media pembelajaran dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis articulate storyline pada Tema 4 subtema 1 untuk kelas III pendidikan dasar dapat digunakan secara praktis, valid, dan efektif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...