Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)
Vol 4 No 1 (2024): Juni 2024

MELANGKAH BERSAMA KEBANGSAAN: SISWA SD DESA SENDANG, BOYOLALI SEBAGAI PEMUDA PENGGERAK PANCASILA

Khoiril Anam (Universitas Negeri Semarang)
Ikfi Naelal Ilma (Universitas Negeri Semarang)
Hana Walidatun Nikmah (Universitas Negeri Semarang)
Wahyu Hidayat (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak kegiatan cerdas cermat wawasan kebangsaan di tingkat Sekolah Dasar (SD) dalam membentuk pemuda sebagai penggerak Pancasila. Dengan mengadopsi pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan partisipasi siswa SD dalam kegiatan cerdas cermat yang difokuskan pada pemahaman nilai -nilai Pancasila, sejarah, dan budaya kebangsaan. Melalui pendekatan interaktif dan inovatif dalam kegiatan ini, siswa tidak hanya meningkatkan pengetahuan mereka tetapi juga terlibat aktif dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari -hari. Sesi tanya jawab menjadi instrumen utama untuk mengukur pemahaman siswa dan merangsang diskusi yang mendalam. Hasil penelitian menyoroti bahwa kegiatan cerdas cermat wawasan kebangsaan di SD memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa sebagai pemuda penggerak Pancasila. Peningkatan pemahaman nilai-nilai Pancasila, partisipasi aktif siswa, dan semangat kebangsaan yang meningkat menjadi bukti nyata keberhasilan kegiatan ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TekMas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Engineering Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Nusa Cendana dan dikelola oleh Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana. Menerbitkan artikel kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan bidang utama adalah teknologi dan sains, serta bidang-bidang lainnya ...