AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meneliti jenis kesalahan yang terdapat dalam mahasiswa STBA PIA Semester VI T.A. 2019/2020, dan menjelaskan faktor-faktor penyebab tersebut.Penelitian ini menggunakan rancangan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa kesalahan penggunaan kata keterangan “Qīnzì(亲自)” dan “Qīnshēn(亲身)” oleh mahasiswa STBA PIA T.A. 2019/2020 terdiri dari 3 jenis kesalahan, yaitu: kesalahan penambahan (error of addition) pada kata “Qīnzì(亲自)” ada 15 kalimat, pada kata “Qīnshēn(亲身)” ada 3 kalimat; kesalahan pemilihan (error of selection) pada kata “Qīnshēn(亲身)” ada 15 kalimat; dan kesalahan pengurutan (error of ordering) pada kata “Qīnzì(亲自)” ada 1 kalimat, pada kata “Qīnshēn(亲身)” ada 3 kalimat. Total kesalahan yang ditemukan dalam penggunaan kata keterangan “Qīnzì(亲自)” dan “Qīnshēn(亲身)” adalah sebanyak 37 kalimat. Sedangkan hasil analisis data wawacara menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam penggunaan kata keterangan “Qinzi 亲自” dan “Qinshen 亲身” pada mahasiswa STBA PIA semester VI yaitu faktor interlingual sebanyak 2 mahasiswa, faktor intralingual sebanyak 6 mahasiswa dan faktor interlingual+intralingual sebanyak 2 mahasiswa. AbstractThis research aims to examine the types of errors found in STBA PIA VI semester students in 2019/2020, and explains the causal factors.This research uses a qualitative descriptive method design. Data collection techniques were carried out using interview techniques. The results of the research prove that the error in using the adverbs "Qinzi" and "Qinshen" by STBA PIA student in 2019/2020 consists of 3 types of errors, namely: error of addition in the word "Qinzi" there are 15 sentences, in the word "Qinshen" there are 3 sentences; error of selection in the word "Qinshen" there are 15 sentences; and the error of ordering in the word "Qinzi" there is 1 sentence, in the word "Qinshen" there are 3 sentences. The total errors found in the use of the adverbs "Qinzi" and "Qinshen" were 37 sentences. Meanwhile, the results of the interview data analysis show that the factors causing errors in the use of the adverbs "Qinzi 亲自" and "Qinshen 亲身" among STBA PIA sixth semester students are the interlingual factor of 2 students, the intralingual factor of 6 students and the interlingual+intralingual factor of 2 students
Copyrights © 2024