Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 10, No 2 (2024): Lemma: Letters of Mathematics Education

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGASAH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI MATRIKS

Febita, Ferry (Unknown)
Andari, Tri (Unknown)
Lusiana, Restu (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) guna mengasah kemampuan berpikir kritis siswa pada materi matriks di kelas XI SMA Negeri 1 Jiwan. Proses pengembangan E-LKPD ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, validasi, serta uji coba produk. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).  Aktivitas pembelajaran dalam E-LKPD disesuaikan dengan sintaks PBL dan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil dari penelitian ini pada tahap pengembangan, produk dikembangkan dan diuji melalui validasi ahli materi, dan media, diperoleh  nilai rata-rata validasi yaitu 92,5% memenuhi kriteria sangat valid. Nilai kepraktisan diperoleh rata-rata 81% dari uji terbatas dan 84,88% dari uji lapangan sehingga dikategorikan praktis. Sedangkan, nilai keefektifan diperoleh rata-rata 76% dari uji terbatas dan 76,72% dari uji lapangan sehingga dapat dikategorikan efektif. Dengan demikian, E-LKPD berbasis PBL layak digunakan dan efektif untuk mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...