Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) guna mengasah kemampuan berpikir kritis siswa pada materi matriks di kelas XI SMA Negeri 1 Jiwan. Proses pengembangan E-LKPD ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, validasi, serta uji coba produk. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Aktivitas pembelajaran dalam E-LKPD disesuaikan dengan sintaks PBL dan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil dari penelitian ini pada tahap pengembangan, produk dikembangkan dan diuji melalui validasi ahli materi, dan media, diperoleh nilai rata-rata validasi yaitu 92,5% memenuhi kriteria sangat valid. Nilai kepraktisan diperoleh rata-rata 81% dari uji terbatas dan 84,88% dari uji lapangan sehingga dikategorikan praktis. Sedangkan, nilai keefektifan diperoleh rata-rata 76% dari uji terbatas dan 76,72% dari uji lapangan sehingga dapat dikategorikan efektif. Dengan demikian, E-LKPD berbasis PBL layak digunakan dan efektif untuk mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Copyrights © 2024