Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 10, No 1 (2023): Lemma: Letters of Mathematics Education

PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI MIPA 1 SMAN 2 GUNUNG TALANG KAB. SOLOK

Anjar Sari Rahma (Universitas PGRI SUMATERA BARAT)
Hamdunah Hamdunah (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Ratulani Juwita (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2023

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep dan berkurangnya waktu belajar di masa pandemi Covid-19 di kelas XI MIPA 1 merupakan latar belakang dari penelitian ini. Sehingga tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penerapan pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Gunung Talang Kab.Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra- eksperimen dengan desain one shot case study. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, dipilih kelas XI MIPA 1 berjumlah 30 orang siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes akhir berbentuk uraian dengan reliabilitas tes adalah 0,361. Teknik analisis data yang digunakan uji-t. Berdasarkan analisis data dan taraf nyata 0.05, diperoleh t hitung = 3.05 dan t tabel = 1,69, karena t hitung > t tabel maka tolak H0. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Gunung Talang Kab.Solok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...