Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep dan berkurangnya waktu belajar di masa pandemi Covid-19 di kelas XI MIPA 1 merupakan latar belakang dari penelitian ini. Sehingga tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penerapan pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Gunung Talang Kab.Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra- eksperimen dengan desain one shot case study. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, dipilih kelas XI MIPA 1 berjumlah 30 orang siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes akhir berbentuk uraian dengan reliabilitas tes adalah 0,361. Teknik analisis data yang digunakan uji-t. Berdasarkan analisis data dan taraf nyata 0.05, diperoleh t hitung = 3.05 dan t tabel = 1,69, karena t hitung > t tabel maka tolak H0. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Gunung Talang Kab.Solok.
Copyrights © 2023