MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 3 No 1 (2024): April

PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM TINJAUAN ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI

Sari, Arini Vika (Unknown)
Pariyasto, Sofyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau hasil penelitian Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 berdasarkan landasan ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Penelitian ini adalah jenis penelitian analisis konten dengan objek Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 tahun 2020. Analisis data dilakukan dengan penafsiran secara deskriptif yang menggunakan tiga langkah, yaitu memahami isi, memisahkan bagian tertentu, dan menganalisis hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 memiliki landasan ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Namun, terdapat bagian-bagian yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini yaitu: (1) pemaparan lebih rinci mengenai acuan dalam menentukan nilai-nilai karakter anak usia dini; (2) kurangnya penjelasan dalam instrumen penelitian yang dibuat dalam bentuk tabel; (3) kurangnya penjelasan mengenai rubik penilaian; (4) pada bagian hasil hanya menampilkan kemandirian, kepercayaan diri, dan tanggung jawab, sedangkan di rubik penilaian terdapat 7 aspek dengan 8 indikator.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpiaud

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah peer-review journal yang secara berkala terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober; berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, dan hasil penelitian pendidikan dan pengajaran pendidikan islam ...