ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan
Vol 4, No 1 (2024): Juni 2024

Optimalisasi Pelayanan Perpustakaan Umum Kota Kediri Setelah Pandemi Covid 19

M. Ubaidillah Ridwanulloh (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri)
Miftahul Jannah (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri)
Moh. Misbakhudin (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri)
Frisca Ayu Alvina (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

Pelayanan perpustakaan merupakan suatu usaha yang terdiri dari proses yang terencana dari awal sampai akhir dengan memanfaatkan sumber daya, kemampuan, dan keahlian untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan layanan dan dampak penerapan manajemen pelayanan yang ada di Perpustakaan Umum Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan  teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Perpustakaan Umum Kota Kediri dalam pemberian layanan perpustakaan antara lain dengan optimalisasi manajemen layanan, kondusifitas sistem organisasi, sistem pengawasan dan sistem keamanan yang dilakukan secara persuasif. Layanan perpustakaan diberikan dengan mengolah bahan bacaan atau bahan pustaka secara optimal untuk pengunjung. Hasilnya pengujung dalam merasakan layanan perpustakaan dapat berjalan dengan baik dan merasa puas. Optimizing Kediri City Public Library Services After Covid 19 Pandemic. Library service is an effort that consists of a planned process from start to finish by utilizing resources, abilities, and expertise to achieve the desired goals or objectives. This study aims to determine library service management in improving services and the impact of implementing service management in the Kediri City Public Library. This study used a qualitative descriptive research method. Data collection is carried out using interviews, observation, and documentation techniques. The results showed that the efforts of the Kediri City Public Library in providing library services include optimizing service management, organizational system conduciveness, supervision systems, and security systems, which were carried out persuasively. Library services are provided by optimally processing visitors' reading materials or library materials. The result is that visitors feel that library services can run well and feel satisfied.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAP

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Abdi Pustaka merupakan jurnal yang diterbitkan oleh UPT Perpustakaan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Dipublikasikan kali pertama pada tahun 2021, Jurnal Abdi Pustaka adalah jurnal hasil pemikiran, gagasan, dan penelitian bidang ilmu perpustakaan dan kearsipan. Sebelum diterbitkan setiap ...