Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan yang signifikan minat belajar siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Pendidikan Pancasila antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 3) mengetahui perbedaan yang simultan minat dan hasil belajar Pendidikan Pancasila secara simultan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara yang berjumlah 166 siswa. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu SD 1 Tibubeneng berjumlah 28. Sedangkan untuk kelas kontrol SD 2 Tibubeneng berjumlah 28. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat pada nilai sig. 0,001<0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar pada sig. 0,399,0,05. (3) terdapat pengaruh secara simultan model Snowball Throwing terhadap minat dan hasil belajar pada nilai sig. 0,001<0,05
Copyrights © 2024