Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan yang signifikan minat belajar siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Quiz Team berbasis etnosains dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Quiz Team berbasis etnosains dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 3) mengetahui perbedaan yang simultan minat dan hasil belajar IPA secara simultan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Quiz Team berbasis etnosains dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara yang berjumlah 166 siswa. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu SD 1 Tibubeneng berjumlah 28, Sedangkan untuk kelas kontrol SD 2 Tibubeneng berjumlah 28. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quiz Team berbasis etnosains terhadap minat pada nilai sig 0,001<0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quiz Team berbasis etnosains terhadap hasil belajar pada sig 0,138>0,05. (1) terdapat pengaruh secara simultan model Quiz Team berbasis etnosains terhadap minat dan hasil belajar pada nilai sig 0,001<0,05
Copyrights © 2024