International Journal of Geotourism Science and Developmen
Vol. 4 No. 1 (2024): Juni (in Press)

PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KETERAMPILAN KO-LABORASI DAN HASIL BELAJAR IPS

Ni Luh Ayu Sarastuti (Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)
I Made Gunamantha (Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)
I Made Ardana (Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan kolaborasi siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 3) mengetahui perbedaan yang simultan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPS secara simultan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara yang berjumlah 166 siswa. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu SD 1 Tibubeneng berjumlah 28,. Sedangkan untuk kelas kontrol SD 2 Tibubeneng berjumlah 28. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret terhadap keterampilan kolaborasi pada nilai sig. 0,001<0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret terhadap hasil belajar pada sig. 0,098<0,05. (3) terdapat pengaruh secara simultan model TSTS berbantuan media konkret terhadap keterampila kolaborasi dan hasil belajar pada nilai sig. 0,001<0,05

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJGSD

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences

Description

International Journal of Geotourism Science and Development is an international scientific Open Access journal published by Badan Pelaksana Rinjani-geopark Rinjani Lombok that publishes original articles with a theoretical and practical focus on Geology areas for Sustainable development, paying much ...