Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan kolaborasi siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 3) mengetahui perbedaan yang simultan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPS secara simultan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara yang berjumlah 166 siswa. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu SD 1 Tibubeneng berjumlah 28,. Sedangkan untuk kelas kontrol SD 2 Tibubeneng berjumlah 28. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret terhadap keterampilan kolaborasi pada nilai sig. 0,001<0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret terhadap hasil belajar pada sig. 0,098<0,05. (3) terdapat pengaruh secara simultan model TSTS berbantuan media konkret terhadap keterampila kolaborasi dan hasil belajar pada nilai sig. 0,001<0,05
Copyrights © 2024