Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap motivasi, 2) Pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar, 3) pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap motivasi dan hasil belajar. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VI SD Gugus I Selat yang berjumlah 172 siswa. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu SD 1 Duda Timur terdiri dari 34 siswa, SD 1 Duda terdiri dari 18 siswa, SD 6 Duda Timur terdiri dari 18. Sedangkan untuk kelas kontrol SD 2 Duda Timur terdiri dari 19 siswa, SD 3 Duda Timur terdiri dari 29 siswa, dan SD 7 Duda Timur terdiri dari 13 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap motivasi pada nilai sig. 0,000. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar pada sig. 0,000. (1) terdapat pengaruh secara simultan model Inside Outside Circle terhadap motivasi dan hasil belajar pada nilai sig. 0,000. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPS
Copyrights © 2024