JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

PENGEMBANGAN DIRI BERPIKIR KRITIS, KREATIF, DAN INOVATIF BAGI SISWA-SISWI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD KATOLIK BUDI MURNI 6 MEDAN

Eka Margareta Sinaga (Universitas Sari Mutiara Indonesia)
Apriska Dewi Sipayung (Universitas Sari Mutiara Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Indonesia menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif, kreatif, inovatif, agar mampu bersaing dalam perkembangan zaman yang semakin maju. Kesejahteraan suatu negara bergantung kondisi masyarakatnya yang dikatakan bahwa peningkatan mutu pendidikan suatu bangsa dapat berbanding lurus dengan budaya berpikir masyarkatnya, diantaranya yaitu budaya berpikir tingkat tinggi. Berpikir kritis dalam pembelajaran IPA bukan hanya tentang mencerna informasi, tetapi juga tentang mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemahaman yang diperlukan untuk menjadi individu yang sukses, baik dalam pendidikan maupun dalam karier dan kehidupan sehari-hari. Metodologi penelitian deskriptif kualitatif adalah pendekatan penelitian yang umumnya digunakan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang bersifat alamiah atau yang telah direkayasa manusia secara rinci dan mendalam. Hasil dari penelitian deskriptif kualitatif ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pelaksanaan kurikulum 2013, termasuk potensi masalah atau tantangan yang mungkin dihadapi dalam implementasinya.Peningkatan literasi sains seseorang secara langsung dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi seseorang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...