Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Vol. 14 No. 1 (2024): Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH PENGGERAK (Studi Kasus) Pada SMPs 4 PGRI Jambi

Fita Septiana Arya (Unknown)
Pratama, Despita (Unknown)
Rustam (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Siswa kini memiliki lebih banyak pilihan dengan Kurikulum Belajar Mandiri untuk menyesuaikan pendidikan mereka dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan unik mereka. Dengan mendorong siswa untuk mengejar pembelajaran sepanjang hayat dan memaksimalkan potensi individu mereka, konsep ini berupaya untuk meningkatkan standar pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut dan mengumpulkan data tentang kurikulum mandiri yang digunakan oleh sekolah penggerak, khususnya di SMP 4 PGRI Jambi. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang menggambarkan subjek tentang situasi dan data yang dikumpulkan melalui observasi dan investigasi. Strategi ini bertujuan untuk memberikan informasi yang relevan dan mudah dipahami oleh pembaca. Tulisan ini memberikan penjelasan yang komprehensif mengenai bagaimana kurikulum mandiri diimplementasikan di sekolah mengemudi. Temuan-temuan tersebut menunjukkan bahwa kurikulum sekolah penggerak telah diterima dan saat ini sedang digunakan, meskipun masih ada banyak masalah dan tantangan yang dihadapi. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Motivator Studi Kasus di SMP 4 PGRI Jambi telah memberikan dampak positif yang cukup besar terhadap pertumbuhan pendidikan di wilayah tersebut. Jika kurikulum ingin berhasil, administrator sekolah dan guru Motivator harus terdorong untuk melaksanakan perbaikan. Jika ingin menetapkan kurikulum mandiri maka kepala sekolah sebagai pemimpin harus memberikan inspirasi bagi sumber daya manusia sekolah untuk melakukan perubahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diberi nama LITERASI, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti sebuah pernyataan “bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan”. Jurnal LITERASI diterbitkan oleh Prodi Pendidikan ...