Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode permainan bahasa untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas ll MI Ma'arif Kaleber. Metode penyelesaian cerita digunakan sebagai metode permainan bahasa. Penelitian ini dilakukan dengan merekrut siswa di kelas dari kelompok usia tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian pretest and posttest. Sampel penelitian terdiri dari sekelompok siswa sekolah yang dipilih secara acak. Dalam penelitian ini dibentuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran tradisional, sedangkan kelompok eksperimen mendapatkan metode permainan bahasa melalui story kit. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes membaca sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil studi dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji-t untuk mengidentifikasi perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan bahasa dengan melengkapi cerita berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca siswa kelas ll MI Ma'arif Kalibeber. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil tes membaca dibandingkan dengan kelompok kontrol. Metode permainan bahasa ini memberikan siswa pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik sehingga meningkatkan motivasi dan minat membaca mereka.(Tarigan, 2015) Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru dan praktisi untuk mengembangkan metode pembelajaran menggunakan permainan bahasa untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas ll MI Ma'arif Kaliber. Kata kunci:Implementasi, eksperimental, tradisional, luar biasa, MI Ma'arif Kalibeber
Copyrights © 2024