Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Aplikasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Belajar Matematika

Siregar, Torang (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam matematika. Model pembelajaran inkuiri diterapkan sebagai pendekatan yang menekankan pada eksplorasi, penemuan, dan penerapan konsep matematika melalui proses bertanya, mencoba, dan merumuskan solusi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek mahasiswa pada mata kuliah Matematika Dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, tes kemampuan berpikir kreatif, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif mahasiswa setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri. Temuan ini menegaskan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam konteks pembelajaran matematika. Implikasi dari penelitian ini mendukung penerapan model pembelajaran inkuiri sebagai strategi untuk meningkatkan pembelajaran matematika yang berpusat pada pengembangan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...