Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam matematika. Model pembelajaran inkuiri diterapkan sebagai pendekatan yang menekankan pada eksplorasi, penemuan, dan penerapan konsep matematika melalui proses bertanya, mencoba, dan merumuskan solusi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek mahasiswa pada mata kuliah Matematika Dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, tes kemampuan berpikir kreatif, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif mahasiswa setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri. Temuan ini menegaskan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam konteks pembelajaran matematika. Implikasi dari penelitian ini mendukung penerapan model pembelajaran inkuiri sebagai strategi untuk meningkatkan pembelajaran matematika yang berpusat pada pengembangan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.
Copyrights © 2024