Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Penggunaan Media Kantong Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas II B di SDN Jombatan Jombang

Febriani, Fitri (Unknown)
Mintohari, Mintohari (Unknown)
Anam, Chairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media kantong bilangan pada siswa kelas II b SDN Jombatan Jombang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus melibatkan 4 tahapan, yaitu : Perencanaan (Planning), Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kantong bilangan pada Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II b SDN Jombatan Jombang. Saat belum diberikan tindakan, hanya 10 siswa atau 37% yang memenuhi syarat KKM. Pada kegiatan tindakan siklus I terjadi peningkatan yaitu 12  siswa atau 44% yang mencapai KKM dan siklus II terdapat 23 siswa atau 85% yang berhasil mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan dari 65 menjadi 85. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media kantong bilangan dari siklus I ke siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...