Masalah dalam penelitian yaitu mengenai metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Talang Ubi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran brainstorming berbasis media audio visual terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Talang Ubi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa dan sampel berjumlah 52 siswa. Teknik sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara teknik sampling total. Teknik pengumpulan data pada penelitia ini yaitu tes dengan analisis data menggunakan uji  Independent Sample t Test dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa adanya metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Talang Ubi. Hal tersebut dibuktikan pada nilai uji  Independent Sample t Test diperoleh nilai Sig. (2- failed) 0,036 < 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode  pembelajaran brainstorming  mempunyai  pengaruh yang signifikan  terhadap kemampuan menulis teks persuasif kelas VIII SMP Negeri 10 Talang Ubi.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024