Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Berbasis Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Talang Ubi

Masnunah Masnunah (Universitas PGRI Palembang)
Pariska Dwi Nanda Apriani (Universitas PGRI Palembang)
Hayatun Nufus (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
12 May 2024

Abstract

Masalah dalam penelitian yaitu mengenai metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Talang Ubi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran brainstorming berbasis media audio visual terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Talang Ubi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa dan sampel berjumlah 52 siswa. Teknik sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara teknik sampling total. Teknik pengumpulan data pada penelitia ini yaitu tes dengan analisis data menggunakan uji  Independent Sample t Test dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa adanya metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Talang Ubi. Hal tersebut dibuktikan pada nilai uji  Independent Sample t Test diperoleh nilai Sig. (2- failed) 0,036 < 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode  pembelajaran brainstorming  mempunyai  pengaruh yang signifikan  terhadap kemampuan menulis teks persuasif kelas VIII SMP Negeri 10 Talang Ubi.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...