Literasi membaca dan menulis merupakan salah satu kemampuan masa kini yang penting dimiliki oleh siswa sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi literasi membaca dan menulis siswa. Fakta yang diungkap dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar guru untuk menentukan bentuk intervensi yang paling tepat sesuai dengan kondisi siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur yaitu metode yang memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan informasi dari hasil kajian atau laporan penelitian-penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi literasi membaca dan menulis siswa dapat dikelompokkan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal faktor intelegensi siswa, faktor minat belajar serta faktor motivasi belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian orang tua, pengaruh media seperti televisi dan HP, pengaruh dari teman bermain, kemampuan guru, dan kurangnya sarana dan prasarana. Dengan mempertimbangkan kondisi faktor internal dan eksternal tersebut maka upaya intervensi perlu dilakukan secara sengaja oleh berbagai pihak terkait terutama oleh guru. Bentuk intervensi yang dimaksud yaitu memberikan motivasi kepada siswa, menerapkan kegiatan literasi membaca menulis secara konsisten, meningkatkan kemampuan guru, serta bekerja sama dengan orang tua siswa.
Copyrights © 2024