Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Literasi Membaca dan Menulis Siswa

Yunawati Sele (Universitas Timor)
Rince A.A. Tekliu (SD Negeri Noebesa)
Rince Ulia Rita Sila (Universitas Timor)
Emanuel M. Y. Hanoe (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Literasi membaca dan menulis merupakan salah satu kemampuan masa kini yang penting dimiliki oleh siswa sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi literasi membaca dan menulis siswa. Fakta yang diungkap dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar guru untuk menentukan bentuk intervensi yang paling tepat sesuai dengan kondisi siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur yaitu metode yang memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan informasi dari hasil kajian atau laporan penelitian-penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi literasi membaca dan menulis siswa dapat dikelompokkan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal faktor intelegensi siswa, faktor minat belajar serta faktor motivasi belajar siswa.  Sedangkan faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian orang tua, pengaruh media seperti televisi dan HP, pengaruh dari teman bermain, kemampuan guru, dan kurangnya sarana dan prasarana. Dengan mempertimbangkan kondisi faktor internal dan eksternal tersebut maka upaya intervensi perlu dilakukan secara sengaja oleh berbagai pihak terkait terutama oleh guru. Bentuk intervensi yang dimaksud yaitu memberikan motivasi kepada siswa, menerapkan kegiatan literasi membaca menulis secara konsisten, meningkatkan kemampuan guru, serta bekerja sama dengan orang tua siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...