Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa keberhasilan dalam pembelajaran dapat dilihat dari tingkat pemahaman peserta didik dalam menguasai materi. Namun dalam kenyataannya hasil belajar yang dicapai peserta didik di SD Khadijah 3 Surabaya masih rendah karena kurangnya motivasi dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat pemahaman peserta didik di SD Khadijah 3 Surabaya pada mata pelajaran IPAS materi sejarah datangnya bangsa Eropa di Indonesia melalui penggunaan media AI Quizizz Mode Paper sebagai alat evaluasi pembalajaran yang menyenangkan serta mengidentifikasi dampak dari penerapannya sebagai alat evaluasi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan model penelitian spiral oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observe), Refleksi (reflecting). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus pembelajaran yang mana setiap siklusnya mencakup 1 kali pembelajaran. Subjek penelitian dilakukan pada peserta didik kelas VA SD Khadijah 3 Surabaya dengan jumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Pendekatan analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kuantitatif untuk mengevaluasi kemajuan peserta didik selama dua siklus penelitian. Pada siklus 1 terjadi peningkatan hasil belajar sebanyak 58% dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 96% berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian menggunakan media evaluasi AI Quizizz Mode Paper bahwa pengalaman peserta didik dalam mengerjakan soal evaluasi terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran.
Copyrights © 2024