Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Peran Budaya Sekolah Dalam Membangun Karakter Islami di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Fathimiyah Cikarang

Ridho, Habib Naufal (Unknown)
Kosim, Abdul (Unknown)
Abidin, Jaenal (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi budaya sekolah dalam pembentukan karakter Islami siswa di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Fathimiyah Cikarang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa budaya sekolah yang diterapkan mencakup nilai-nilai Islami seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan etika terhadap guru dan sesama siswa. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter Islami meliputi lingkungan sekolah yang kondusif, program keagamaan yang rutin, serta peran aktif dari guru dan orang tua. Di sisi lain, faktor penghambatnya termasuk kurangnya kesadaran siswa dan keterbatasan fasilitas pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan budaya sekolah yang baik mampu membentuk karakter siswa yang religius, disiplin, dan bertanggung jawab. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa budaya sekolah memiliki peran penting dalam pembentukan karakter Islami siswa, yang berdampak positif terhadap perkembangan moral dan sosial mereka. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah-sekolah lain dalam mengimplementasikan budaya yang mendukung pembentukan karakter Islami siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...