Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Multibudaya menjadi krusial dalam menghadapi tantangan globalisasi dan kompleksitas masyarakat modern yang semakin beragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memberikan pemahaman mendalam tentang manajemen pendidikan karakter berbasis multibudaya di MDTU Nurrohmah. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui beberapa metode, termasuk wawancara terstruktur, observasi langsung di lapangan, dan studi dokumen terkait kegiatan manajemen pendidikan karakter berbasis multibudaya di MDTU Nurrohmah. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik, yang melibatkan pengumpulan, penyusunan, interpretasi, dan penyajian data secara sistematis untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena yang diteliti.    Pendidikan karakter ini memperkuat pemahaman akan keunikan budaya serta mendorong sikap toleransi, empati, dan kerjasama antarbudaya. Penerapan manajemen pendidikan karakter di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTU) Nurrohmah membuktikan bahwa melalui pendekatan manajemen yang terstruktur, pendidikan karakter multibudaya dapat diintegrasikan secara efektif. Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan menjadi kunci dalam memastikan keberhasilan implementasi pendidikan karakter berbasis multibudaya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024