Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Multibudaya di MDTU Nurrohmah Telukjambe Timur Karawang

Syifa Tunnazah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Abubakar Abubakar (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kasja Eki Waluyo (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Multibudaya menjadi krusial dalam menghadapi tantangan globalisasi dan kompleksitas masyarakat modern yang semakin beragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memberikan pemahaman mendalam tentang manajemen pendidikan karakter berbasis multibudaya di MDTU Nurrohmah. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui beberapa metode, termasuk wawancara terstruktur, observasi langsung di lapangan, dan studi dokumen terkait kegiatan manajemen pendidikan karakter berbasis multibudaya di MDTU Nurrohmah. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik, yang melibatkan pengumpulan, penyusunan, interpretasi, dan penyajian data secara sistematis untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena yang diteliti.    Pendidikan karakter ini memperkuat pemahaman akan keunikan budaya serta mendorong sikap toleransi, empati, dan kerjasama antarbudaya. Penerapan manajemen pendidikan karakter di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTU) Nurrohmah membuktikan bahwa melalui pendekatan manajemen yang terstruktur, pendidikan karakter multibudaya dapat diintegrasikan secara efektif. Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan menjadi kunci dalam memastikan keberhasilan implementasi pendidikan karakter berbasis multibudaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...