Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pelaksanaan Pembelajaran Tari Tradisional Sedulang Setudung Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa SMP Negeri 35 Palembang

Yeni Arum (Universitas PGRI Palembang)
Muhammad Idris (Universitas PGRI Palembang)
Naomi Diah Budi Setiyaningrum (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Usaha dalam peningkatan kualitas pembelajaran khususnya seni budaya tidak terlepas dari peran guru dalam menyusun pembelajaran yang sesuai dengan karakter pelajaran tersebut. Guru dapat mengembangkan pembelajaran dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan mengoptimalkan peran media audio visual dalam penyampaian materi dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran tari tradisional sedulang setudung menggunakan media audio visual pada siswa SMP Negeri 35 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang digunakan dalam strategi tersebut adalah metode demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengikuti pembelajaran tari tradisional Sedulang Setudung dengan baik, dan memperoleh hasil evaluasi ujian akhir praktik yang sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...